Search and Rescue (SAR)

Search and Rescue atau yang biasa disingkat dengan SAR memiliki pengertian pencarian (search) dan pertolongan (rescue) pada korban kecelakaan, tersesat, hilang atau kepada orang yang berada dalam keadaan darurat. Dalam pembahasan ini, kita lebih fokus untuk memahami secara sederhana mengenai apa dan bagaimana Search and Rescue itu.


Istilah Search and Rescue (SAR) lebih mengarah kepada penggunaan bahasa asing (Bahasa Inggris) yang mengandung 2 kata utama yaitu kata search dan kata rescue.

Search

Search berarti mencari terhadap posisi dan korban yang sedang mengalaman masa kritis tersebut (darurat). Untuk itulah seorang relawan searcher harus memiliki kemampuan yang berkaitan dengan bagaimana cara atau teknik pencarian.

Rescue

Rescuer adalah orang yang melakukan rescue yang berarti memberi pertolongan baik itu pertolongan pertama pada gawat darurat yang terkait dengan teknik pengenalan kondisi korban, penanganan sementara dilokasi, hingga proses evakuasi (pemindahan korban) dari tempat kejadian ke tempat lain.

Kemampuan Dasar Umum Search and Rescue

Untuk melakukan Search and Rescue, seorang relawan SAR mesti memiliki kemampuan umum dasar SAR yang diantaranya adalah :
  1. Kemampuan Berkomunikasi. Komunikasi merupakan hal penting dalam proses Search and Rescue karena hal tersebut akan mempermudah dan mempercepat untuk melakukan tindakan yang efektif di lapangan. Ketika berada di lokasi pencarian kita akan memerlukan kemampuan berkomunikasi baik yang bersifat lisan, langsung (face to face), lewat perangkat komunikasi, menggunakan bahasa isyarat ataupun komunikasi dengan kode / sandi.
  2. Kemampuan Berkoordinasi. Karena melakukan tindakan SAR adalah dalam sebuah kelompok / tim, maka perlu lah para unit atau personalnya mampu untuk berkoordinasi dalam kelompok tersebut. Koordinasi sangat berkaitan dengan kemampuan berkomunikasi di atas. Koordinasi menitik beratkan pemahaman akan ke arah mana kita melakukan komunikasi ketika melakukan kegiatan atau mendapatkan permasalahan saat proses SAR.
  3. Kemampuan Bekerja dalam Kelompok. Selain diperlukan kemampuan dasar komunikasi dan koordinasi, untuk membuat pencarian dan pertolongan bisa berjalan dengan efektif dan efesien maka perlu personalnya mampu untuk bisa bekerja dalam sebuah tim atau kelompok. Memahami keorganisasian akan membantu pemahaman bagaimana berkerja dalam sebuah Tim SAR. Walaupun di lapangan personalnya bergerak masing-masing, akan tetapi tetap dalam sebuah kelompok yang tugasnya sudah diorganisasikan sesuai dengan kemampuan masing-masing.
  4. Kemampuan Fisik. Walaupun kemampuan fisik yang diharapkan bisa ke dalam kategori fisik kuat, tahan medan, tahan lama namun perlu kita ingat bersama bahwa kemampuan fisik bukanlah hal yang paling utama. Hal ini karena nanti ada bagian-bagian dalam organisasi SAR posisinya tidak mengutamakan keadaan fisik bisa kemampuan lain yang lebih utama diperlukannya.

Kemampuan Khusus Search and Rescue

Selain kemampuan dasar umum, Searcher dan Rescuer sangat perlu memiliki kemampuan dasar khusus untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika berada dilapangan. Kemampuan dasar khusus menitik beratkan pada medan atau lokasi terjadinya SAR. Secara Umum disini dbagi menjadi 2 yaitu Kemampuan Khusus Search dan Kemampuan Khusus Rescue :

Kemampuan Khusus Search

1. Navigasi

  • Pemahaman Peta
  • Pemahaman Kompas Alam dan Buatan
  • Pemahaman GPS
  • Pemahaman Medan / Lokasi

2. Survival dan Bivoack

  • Surivival
  • Biovack

3. Manajemen Ekspedisi

  • Pembagian Tugas dan Kewajiban
  • Pengepakan Barang (Packing)

4. Manajemen Komunikasi

  • Teknik Penggunaan dan Cara Komunikasi Radio
  • Teknik Penggunaan dan Cara Komunikasi Morse, Sandi, Semaphore

Kemampuan Khusus Rescue

1. Pemahaman Kondisi Korban

  • Kondisi Fisik (Anatomi dan Kerusakan Fisik)
  • Kondisi Mental

2. Penanganan Darurat Kondisi Korban

  • Penanganan Fisik (Luka Terbuka, Luka Tertutup, Luka Dalam)
  • Penanganan Mental (Penenangan Tekanan Kejiwaan)

3. Evakuasi

  • Teknik Evakuasi Vertikal (Vertical / High Angle Rescue)
  • Teknik Evakuasi Sungai (Water Rescue)
  • Teknik Evakuasi Gunung (Mountain Rescue)
  • Teknik Evakuasi Heli (Helli Rescue)
  • Teknik Evakuasi Api (Fire Rescue
  • Teknik Evakuasi Radioaktif (Radioactive Rescue)

Tipe-Tipe Search and Rescue

1. Penyelamatan di Gunung (Mountain Search and Rescue)


Penyelamatan di Gunung berhubungan dengan pencarian dan operasi penyelamatan khusus di wilayah pegunungan yang beraneka ragam. Ini juga dipengaruhi oleh medan dari gunung itu sendiri.

2. Pencarian dan Penyelamatan di Darat (Ground Search and Rescue)

Pencarian dan penyelamatan di darat adalah mencari orang yang hilang atau dalam kesusahan di darat atau perairan pedalaman. Tradisional dikaitkan dengan zona padang gurun, layanan pencarian tanah dan penyelamatan semakin diperlukan di daerah perkotaan dan pinggiran kota untuk menemukan orang-orang dengan penyakit Alzheimer, autisme, demensia, atau kondisi lain yang menyebabkan perilaku berkeliaran. [9] pencari tanah dan misi penyelamatan yang terjadi di perkotaan tidak harus bingung dengan "Perkotaan SAR", yang dalam banyak yurisdiksi mengacu pada lokasi dan ekstraksi orang dari reruntuhan bangunan atau entrapments lainnya.

3. Pencarian dan Penyelamatan di Perkotaan (Urban Search and Rescue)


Pencarian dan penyelamatan di area perkotaan (US & R atau USAR), juga disebut sebagai Heavy Urban Search and Rescue (HUSAR), adalah lokasi dan menyelamatkan orang dari reruntuhan bangunan atau entrapments perkotaan dan industri lainnya. Karena sifat khusus dari pekerjaan, kebanyakan tim multi-disiplin dan termasuk personel dari polisi, pemadam kebakaran dan layanan darurat medis. Tidak seperti pekerja pencarian dan penyelamatan tanah tradisional, kebanyakan US & R responden juga memiliki pelatihan dasar di keruntuhan struktural dan bahaya yang terkait dengan kabel listrik hidup, rusak garis gas alam dan bahaya lainnya. Sementara gempa bumi secara tradisional menjadi penyebab AS & R operasi, serangan teroris dan cuaca ekstrim seperti tornado dan badai juga mengakibatkan penyebaran sumber daya ini.

4. Pencarian dan Penyelamatan di Area Perang (Combat Search and Rescue)


Pencarian dan penyelamatan di area perang (CSAR) adalah operasi pencarian dan penyelamatan yang dilakukan selama perang yang berada di dalam atau di dekat zona tempur.

5. Pencarian dan Penyelamatan di Udara Laut (Air-Sea Search and Rescue)


Pencarian dan penyelamatan di udara-laut (ASR) mengacu pada penggunaan gabungan pesawat (seperti kapal terbang, pesawat amfibi, helikopter amfibi dan helikopter non-amfibi dilengkapi dengan kerekan) dan kapal permukaan, untuk mencari dan memulihkan korban pesawat jatuh di laut serta sebagai pelaut dan penumpang kapal laut dalam kesulitan.
"Utamakan Keselamatan"

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.
EmoticonEmoticon