Kepanitiaan

Panitia merupakan tipe formal amat penting yang dijumpai sekarang ini dalam kehidupan keorganisasian. Panitia adalah suatu kelompok orang-orang yang mempunyao fungsi kolektif atas suatu kelompok dimana persoalan dipecahkan secara bersama. Definisi ini menekankan suatu ide, bahwa panitia itu terdiri dari suatu kelompok orang yang dibentuk oleh organisasi untuk mencapai tujuan yang bersifat perbidangan.

Dari Segi Positif
  1. Adanya usaha bersama dengan pertimbangan-pertimbangan yang menyatu diantara orang-orang yang bekerja di dalamnya.
  2. Sebagai sarana untuk mengurangi konflik dan meningkatnya koordinasi di antara bagian-bagian yang ada di antara organisasi.
  3. Dilihat dari pandangan kemanusiaan, yaitu untuk meningkatkan motivasi dan keterikatan yang dipancarkan dari partisipasi anggotanya.
Dari Segi Negatif
  1. Tidak ada pertanggung jawaban perorangan dengan dominasi perorangan atau dominasi minoritas. Kesempatan ini sering digunakan bagi mereka yang pandai berdiplomasi untuk selalu membenarkan pendapatnya.
  2. Kritik klasik yang dilontarkan oleh Buther Gulick, yang dipakai panitia hanya sebatas pada situasi yang tidak normal, menurut pemikirannya panitia seringkali menunda-nunda pekerjaan, kurang bertanggung jawab dan menghamburkan waktu.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.
EmoticonEmoticon